Senin, 04 April 2011

5 Jenis Makanan untuk Memaju Tidur Pulas

1. Pisang
Pisang seperti obat tidur alami yang paling mudah diperoleh. Selain mengandung melatonin dan serotonin dalam jumlah kecil, pisang juga mengandung magnesium, bahan yang dapat merangsang relaksasi otot.

2. Teh Chamomile
Teh Chamomile mempunyai efek penenang yang dapat menurunkan stress fisik maupun mental, membuat teh ini minuman yang cocok untuk dikonsumsi sebelum tidur.

3. Susu hangat
Kebanyakan orang menganggap minum susu sebelum tidur adalah mitos. Segelas susu hangat sebelum tidur dapat membantu tidur anda, karena susu mengandung tryptophan. Yaitu asam amino yang mempunyai efek sedatif dan kalsium yang membantu otak untuk menggunakan tryptophan. 

4. Madu
Madu dapat ditambahkan di dalam susu atau teh. Glukosa dapat meningkatkan energi. Namun bila dikonsumsi dengan jumlah sedikit, gula dapat memberitahu otak untuk menurunkan kinerja orexin. Yaitu neurotransmiter yang berhubungan dengan kesadaran Anda. 

5. Kentang
Mengkonsumsi kentang rebus atau kentang panggang dengan jumlah sedikit di malam hari tidak akan menaikkan berat badan. Kentang membersihkan asam yang dapat mengganggu kinerja tryptophan di dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar