Selasa, 05 April 2011

5 Pobia Paling Banyak Dialami Manusia

1. Ular
Ini adalah penyebab fobia yang paling sering terjadi. Sehingga para ahli menduga ketakutan akan ular sudah tercetak dalam diri tiap orang.
2. Laba-laba
Jenis ketakutan ini sering disebut Arachnofobia. Perempuan empat kali lebih takut pada laba-laba dibanding pria. Dalam penelian yang diterbitkan jurnal Evolution and Human Behavior, David Rakison dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh, seorang bayi perempuan berusia 11 bulan sudah mampu memperlihatkan raut wajah ketakutan akan gambar laba-laba atau ular, sementara tidak demikian pada bayi laki-laki.
3. Ruang
Mulai dari klaustrofobia, atau ketakutan akan ruang sempit, hingga agorafobia atau ketakutan tak bisa lari dari situasi tertentu melibatkan keterbatasan ruang. Biasanya terjadi di elevator, transportasi publik, kemacetan atau kumpulan orang yang berdesak-desakan.
4.Orang Lain
Fobia sosial ini biasanya muncul berupa perasaan panik disertai keringat dingin, sakit perut, muka pucat yang muncul saat harus muncul di depan publik. Fobia ini biasanya muncul dimasa kanak-kanak hingga dewasa, umumnya saat seseorang berusia sekitar 13 tahun.
5. Ketinggian
Merinding tak tertahankan saat harus berada di ketinggian tertentu, adalah gejala akrofobia atau fobia akan ketinggian. Diperkirakan fobia ini menjangkiti 3 hingga 5 persen dari populasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar